Kia Telluride 2023 Semakin Tangguh dengan Trim untuk Medan Berat.

Jika di Indonesia, Kia baru saja menjajakan generasi terbaru Carens 2023 yang berubah wujud menjadi SUV 7 penumpang dan kabarnya sebantar lagi akan dijual di sini, maka Kia cabang Amerika Utara baru-baru ini memperkenalkan penyegaran dari line up terbesarnya, Telluride 2023.

Ya, mobil yang masuk dalam segmen mid-size SUV ini tahun ini memasuki usia 3 tahun. Ini berarti sudah waktunya dilakukan facelift, meskipun sebenarnya Telluride masih terlihat ‘muda’. Selain hadir dengan penampilan yang ‘setengah’ baru, Kia Telluride 2023 ini juga mempunyai fitur baru, dan varian baru agar mobil ini lebih jago dalam melibas medan off-road.

Dari sektor eksterior, tim desainer Kia fokus pada perubahan bagian moncong mobil. Telluride baru ini masih mengandalkan lampu utama persegi panjang yang ditempatkan secara vertikal. Tapi sekarang LED Daytime Running Lights tidak lagi mengelilingi lampu depan, melainkan ditempatkan di bawah lampu depan. Lampu utama yang sudah menggunakan LED juga terlihat lebih tipis.

Gril radiator Tiger Nose khas Kia juga mendapatkan pembaruan dengan garis yang lebih membulat dan memiliki motif baru. Bumper bagian depan didesain ulang sehingga Telluride terlihat tampak lebih gagah. Lalu untuk bagian belakangnya, lampu belakang mobil ini tampak berukuran lebih kecil. Lampu mundur pindah ke bagian bumper belakang berdampingan dengan lampu sein. Pihak Kia juga menyediakan 3 pilihan warna baru, yaitu Midnight Lake Blue, Dawning Red, dan Jungle Wood Green.

Bagian kabin juga turut mendapat ubahan. Konsumen sekarang bisa memilih panel instrumen berukuran 12,3 inci yang menjadi satu dengan layar sistem hiburan dengan biaya ekstra alias opsional. Roda kemudi juga kini hadir dengan palang empat dan terlihat lebih elegan.

Terdapat fitur Kia Connect yang memungkinkan pemilik Telluride baru ini membuka atau mengunci pintu mobil menggunakan ponsel atau smartwatch. Selain itu SUV ini juga sudah dilengkapi dengan sistem internet 4G LTE yang berarti juga terdapat fitur Wi-Fi yang bisa dihubungkan sampai dengan 5 perangkat sekaligus.

Mobil ini mendapatkan sistem keselamatan terbaru, yakni Speed Limit Sign Recognition dan Forward Collision Avoidance – Junction Turning. Untuk sistem yang terakhir disebutkan bisa melakukan pengereman jika terdeteksi akan terjadinya tabrakan pada kecepatan tertentu.

Pihak Kia juga mengatakan bahwa Telluride 2023 ini hadir dengan 2 tambahan varian baru agar bisa melibas medan buruk dengan lebih baik. Tipe pertama adalah X-Line yang mempunyai roof rail, badging X-Line di beberapa tempat, ban khusus berukuran 20 inci, ground clearance yang lebih tinggi 10 mm, departure angle dan approach angle yang lebih baik, mode pengendaraan Towing ketika Telluride harus menarik beban, Traction Control System yang lebih mumpuni, dan Downhill Brake Control.

Varian kedua bernama X-Pro yang mendapatkan ban berukuran 18 inci All-Terrain buatan Continental, colokan listrik 110 Volt, kemampuan menarik beban yang lebih baik, dan masih banyak lagi. Sayangnya, pihak Kia tidak merincikan fitur off-road apa yang dibenamkan untuk varian ini.

Jantung mekanis Telluride 2023 ini tidak mengalami ubahan sama sekali. Ini artinya masih mengandalkan unit bensin GDI V6 berkapasitas 3.800 cc menghasilkan tenaga 291 hp dan torsi 355 Nm. Transmisi yang digunakan adalah otomatis 8-percepatan. Sayangnya, penggerak semua roda hanyalah opsional, kecuali konsumen memilih varian X-Line atau X-Pro dimana penggerak tersebut sudah menjadi kelengkapan standar.

Photos: Carscoops

Leave a comment